10/22/2009

Mengusir / Menghilangkan (dandruff ) ketombe yang bandel

Ketombe bisa bikin hidup kita berabe apalagi kalau kita tidak tahu cara menghilangkannya. Banyak orang yang sibuk mencari cara untuk menghilangkan gangguan kesehatan kulit kepala ini tapi mereka malah jadi stress karena itu ketombe malah semakin menggila... Panik.. sedih.. karena dandruff ( ketombe ). Sudah cari obat rambut sana-sini eh malah rambutnya jadi rontok. Jadi tambah permasalahan baru nich.

Aku juga pernah mengalami masalah ini dan believe me.. masalah ini bikin kita naik darah tapi frustasi karena kita engga tahu mau bagaimana lagi. Sampai suatu hari aku menemukan cara yang cukup jitu untuk mengurangi serta menghilangkan dandruff ini. Bagaimana caranya tuch ? Wah pasti para pembaca ingin tahu juga.

Pertama-tama kita harus tahu terlebih dahulu apa itu dandruff ( ketombe ) . Ketombe terdiri atas 2 jenis ; yang pertama adalah Pityriasis Capitis dimana kulit kepala yang kering menyebabkan rontoknya kulit tersebut dalam bentuk serpihan diseluruh bagian kepala. Yang kedua adalah Seborhea Dermatitis dimana ketombe yang timbul berupa lapisan keras, berminyak dan keras yang disebabkan kulit kepala yang sangat berminyak.

Cara terbaik untuk mengurangi dan menghilangkan dandruff ( ketombe ) adalah :

1. Ketahuilah terlebih dahulu tipe rambut kamu. Apakah berminyak, kering , pecah-pecah dan sebagainya dengan tujuan agar kamu tidak salah pilih shampoo anti dandruff

2. Keramaslah dengan shampoo anti dandruff yang tepat dan frekuensi 2 kali sehari . Kenapa harus menggunakan yang sesuai dengan rambut kamu ? Hal ini disebabkan shampoo anti dandruff yang salah dapat menyebabkan ketombe semakin menggila. Cobalah keramas dengan shampoo merk tertentu dan lihat keefektifan dalam dua kali keramas. Bila ketombe semakin parah , hentikan penggunaannya. Bila ketombe mulai berkurang , kurangi pula frekuensi pemakaian shampoo anti ketombe satu kali dalam sehari.

Shampoo yang dianjurkan adalah yang memiliki kadar Selenium Sulfade seperti shampoo Selsun atau yang mengandung Pyrithione Zinc seperti dalam shampoo Head and Shoulder.

3. Setelah kamu keramas , bilaslah rambut sekali dengan bersih. Kemudian shampoo kembali rambut kamu dan biarkan shampoo tersebut bekerja beberapa menit agar kandungan yang ada didalam shampoo itu bekerja dengan baik. Setelah itu bilas kembali dengan bersih rambut kamu.

4. Hindari menggaruk kepala yang telah terkena ketombe dengan jari tangan (plus kuku )kamu walaupun kulit kepala terasa sangat gatal ( diakibatkan ketombe tersebut) . Hal ini dapat menimbulkan luka di kepala yang dapat semakin memicu ketombe menyebar kemana-mana.

5. Pijatlah kulit kepala kamu dengan lembut agar kulit kepala yang kering itu dapat terlepas lalu bilaslah rambut kamu dengan air dingin. Bilaslah rambut kamu beberapa kali untuk memastikan kulit kepala yang kering tersebut telah terlepas dari rambut.

6. Bila kamu selesai berolah raga , selalu mencuci rambut dan kulit kepala kamu dengan shampoo agar tidak menimbulkan gatal-gatal yang dapat memicu garukan pada kepala.

7. Hentikan penggunaan gel , hairspray atau pewarna rambut untuk sementara waktu agar kulit kepala kamu dapat "bernafas " dengan lebih leluasa.

Sekian dulu ya tips tentang dandruff ( ketombe ) . Mudah-mudahan tips yang ada ini dapat membantu kamu mengatasi ketombe yang sangat mengesalkan . Good luck to you !

No comments: